Mengelola Objek Grafis

23 Nov

A. Shaping Objek

Shaping objek itu sendiri adalah sarana dari corel DRAW yang digunakan untuk memanipulasi bentuk objek satu dengan yang lain, sehingga apabila anda akan menggunakan perintah ini minimal harus menyediakan dua objek yang terseleksi. Cara kerjanya adalah objek satu dengan yang lain akan dapat anda manipulasi dengan cara digabungkan, dikurangkan, interseksi dan lain-lain. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah menggunakan shaping objek.

1. Menggabungkan objek

Untuk menggabungkan objek yang telah dibuat dapat menggunakan fasilitas weld yang terdapat pada corelDRAW. Weld merupakan perintah yang digunakan untuk menggabungkan dua objek atau lebih yang saling bersinggungan menjadi satu objek baru engan satu outline dan warna bidaang yang sama.

Langkah-langkah untuk menggabungkan beberapa objek misalnya sebagai berikut.

a. Buatlah objek elips dengan menggunakan Ellipse Tool, kemudian beri warna pink untuk obyek tersebut.

b. Buatlah objek persegi dengan menggunakan Rectangle Tool. Beri warna hijau untuk objek persegi dan letakkan ditengah-tengah objek elips.

c. Buatlah objek lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool tekan dan geser agar berbentuk agak lonjong. Beri warna orange untuk objek lingkaran dan letakkan diatas objek tersebut.

d. Seleksi keempat objek tersebut dengan cara tekan tombol Shift, tahan dan klik satu persatu objek tersebut. Sehingga objek akan diikat menjadi satu oleh node.

e. Kilk menu Arrange – Shaping – Weld, maka keempat objek tersebut akan tergabung menjadi satu. Jika hasilnya warna pink, berarti objek terakhir yang diklik adalah objek warna pink.

 

2. Memotong Objek

Pada program corel DRAW terdapat beberapa fasilitas yang digunakan untuk melakukan pemotongan objek atau pemenggalan objek, antara lain sebagai berikut.

a. Trim

Trim merupakan fasilitas yang digunakan untuk melakukan pemotongan objek. Pemotongan menggunakan trim akan menghasilkan objek sisa hasil pemotongan oleh objek lain yang digabungkan diatasnya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Buatlah objek persegi panjang dengan menggunakan Rectangle Tool. Beri warna biru untuk objek persegi panjang.

2. Buatlah objek lingkaran dengan menggunakan Ellipse Tool. Tekan dan tahan tombol kontrol Ctrl saat menggambar objek agar hasil bisa proporsional. Beri warna pink untuk objek lingkaran.

3. Seleksi kedua objek tersebut dengan menggunakan Pick Tool.

4. Pilih menu Arrange – Shaping – Trim. Geser (drag) objek persegi panjang yang telah di trim tadi kemudian perhatikan hasilnya.

b. Intersect

c. Simplify

d. Front Minus back

e. Back Minus Front

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: